GET CASH FROM YOUR SITE

affiliate program

GET CASH FROM YOUR WEBPAGE

Turn your valuable web site traffic into revenue. Work online and join our free money making partner program. We offer the most pay-per-click rate to help increase your income stream.

Join our income making program absolutely free and 100% risk free.

Sign Up...

FREE INVESTMENT PROGRAM

We created this money making system specifically for NO SETUP FEE methods, to make thousands, if not millions of dollars, without spending something.

Get revenue after you not working

Create many new revenue streams each and every minute. Get paid after you stop working or even retire at an young age with a broad money stream. Do this once and get revenue over and over again. It is best time to create astonishing new levels of money and success on the online.

A constant revenue generator

Imagine running of a something that never failed to generate revenue-flow. A free money program so amazingly profitable that you never had to work for a boss ever again!

Home - readbud - Get paid to read and rate articles! readbud pays you to read and rate interesting articles relevant to you. Visit www.readbud.com to start earning online!

Sabtu, 09 Mei 2009

Computer Basics

Di dalam bab ini, anda akan melihat komponen-komponen dari suatu komputer dan peran dari komputer-komputer di suatu sistim jaringan. Anda akan menggunakan "ground up" pendekatan untuk belajar jaringan, mulai dari komponen atau hal-hal paling mendasar dari suatu jaringan komputer. Semakin banyak anda memahami tentang komputer, semakin mudah akan jadi untuk memahami jaringan dan bagaimana mereka dirancang dan dibangun.
Untuk membantu anda memahami peran bahwa komputer-komputer bermain di dalam suatu sistim jaringan, mempertimbangkan ke dalam Internet. Anda dapat berpikir tentang Internet sebagai suatu pohon, dan komputer-komputer seperti daun-daun di pohon. Komputer-komputer adalah sumber dan penerima informasi, kedua-duanya memberi dan mengambil dari Internet. Catat bahwa komputer dapat berfungsi tanpa Internet, tetapi Internet tidak bisa ada apabila tidak ada komputer. Ketika waktu lewat, para pemakai komputer akan menjadi terus meningkat tergantung pada Internet tersebut.
Komputer-komputer menjadi bagian integral dari suatu jaringan, dan juga memainkan suatu peran yang penting dalam dunia pekerjaan. Parapembisnis menggunakan komputer mereka untuk bermacam-macam tujuan, tetapi mereka juga menggunakannya dalam beberapa jalan atau cara yang umum. Mereka menggunakan server untuk menyimpan data penting dan untuk mengatur karyawan memegang buku. Mereka menggunakan software untuk mengorganisir informasi keuangan, software pengelola kata untuk memelihara record dan correspondence, dan Browser web untuk mengakses situs web perusahaan.
Dengan semua ini di dalam pikiran, anda akan mulai memperhatikan kerja yang bagian dalam suatu komputer. Ini akan memberi anda pondasi yang anda perlukan untuk memulai studi dari jaringan mu.

1.1.1 Komponen-komponen utama suatu PC

Karena komputer-komputer bersifat bangunan di suatu jaringan, yaitu penting untuk mampu mengenali dan menyebut komponen-komponen utama suatu PC.
Banyak komponen jaringan komputer yang memiliki tujuan khusus tersendiri, dengan banyak dari bagian-bagian yang sama seperti pada PC normal. Untuk menggunakan komputer sebagai suatu alat yang dapat dipercaya tentang memperole informasi, seperti mengakses kurikulum berbasis web, komputer tersebut harus berada di dalam order kerja yang baik. Adakalanya anda perlu mengetahui pada permasalahan atau troubleshoot yang sederhana di dalam hardware dan software anda. Anda harus bisa mengenali nama dan status negara tujuan dari komponen-komponen PC seperti berikut:

Komponen-komponen kecil, yang terpisah
Suatu transistor adalah suatu alat untuk memperkuat suara, isyarat atau pembuka dan menutup suatu sirkuit.
Satu integrated circuit (IC) adalah suatu alat yang terbuat dari material semikonduktor, yang berisi ratusan transistor dan melaksanakan suatu tugas yang spesifik.
Suatu resistor adalah suatu alat yang terbuat dari material yang membatasi alir arus elektrik.
Suatu kapasitor adalah satu komponen yang elektronik yang dapat menyimpan energi dalam wujud satu medan elektrostatik yang terdiri dari dua plat metal yang diceraikan oleh satu bahan isolasi.
Suatu Konektor adalah bagian dari suatu kabel atau suatu port.
Suatu light emitting diode (LED) adalah suatu alat semikonduktor yang memancarkan sinar ketika suatu arus melewat atau melaluinya.

Komponen-komponen Backplane
Backplane adalah papan sirkuit yang besar dan berisi sockets sebagai tempat menancapnya card expansion.
LAN Card adalah satu papan ekspansi yang di sisipkan ke dalam suatu komputer sehingga komputer itu dapat disambungkan ke dalam suatu jaringan.
VGA adalah suatu Card yang memberikan sesuatu kemampuan untuk menampilan sesuatu.
Sound card adalah suatu card ekspansi yang memungkinkan suatu komputer agar dapat mengeluarkan bunyi.
Port Parallel adalah satu interface yang mampu mentransfer bit lebih dari satu secara serempak, hal tersebut digunakan untuk menyambungkan alat-alat eksternal seperti printer.
Port Serial adalah satu interface yang dapat digunakan untuk berkomunikasi, di mana hanya bitnya dipancarkan pada waktu yang sama.
Port mouse adalah suatu port yang dirancang untuk menghubungkan mouse ke satuan PC.
Power cord adalah cord yang digunakan untuk menyambungkan suatu alat elektrik kedalam satu saluran elektrik untuk menyediakan tenaga ke hardware.

Gambar menunjukkan komponen-komponen satu komputer yang di idealkan. Anda dapat berpikir tentang komponen internal pada suatu PC sebagai suatu alat dalam sebuah jaringan, semua yang dihubungkan dengan system bus. Dalam beberapa hal, suatu PC adalah suatu jaringan komputer yang terkecil.

1.1.2 Aliran informasi dalam satu komputer yang diidealkan.

informasi dan tenaga listrik terus menerus mengalir di suatu PC. Itu membantu untuk memahami jaringan komputer dalam miniatur jaringan. Semua berbagai alat di dalam unit sistim berkomunikasi dengan satu sama lain seperti simpul dalam suatu jaringan. Seperti yang ditunjukkan di dalam Gambar, sebagian dari aliran informasi yang penting hampir semua yang mana terjadi melalui sistim bus.
Perintah boot digunakan untuk inisial komputer dan disimpan di ROM
Software aplikasi disimpan di RAM setelah terisi dari disk atau media penyimpanan lain
RAM dan ROM menyimpan data dan perintah untuk mengakses dengan cepat oleh CPU melalui bus
Informasi aplikasi disimpan di RAM selama aplikasi-aplikasi sedang digunakan
Saved information adalah informasi yang mengalir dari RAM ke beberapa form dari alat penyimpanan
Exported information adalah data yang mengalir dari RAM dan CPU, melalui bus dan slot expansi, ke printer , VGA card, sound card, atau LAN card

1.1.3 Hubungan NIC dan PC

Seperti yang ditunjukkan di dalam Gambar, Network Interface Card (NIC) adalah suatu papan sirkuit yang menyediakan kemampuan untuk berkomunikasi dalam jaringan dari suatu personal komputer. Juga disebut juga LAN adapter, LAN Card terpasang ke dalam motherboard dan tersedia suatu port untuk menghubungkan personal komputer ke dalam jaringan. Card ini dapat dirancang sebagai Card Ethernet, Token ring, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI) Card.
Network interface card berkomunikasi ke jaringan melalui suatu koneksi serial, dan melalui koneksi parallel. Masing-masing kartu memerlukan satu interrupt request (IRQ), input/output (I/O) Address, dan software driver yang akan bekerja sama dengan DOS (Disk Operating System) atau Windows. Satu IRQ, atau garis interrupt request, adalah suatu isyarat pemberi tahu suatu CPU bahwa satu peristiwa sedang terjadi. Satu IRQ dikirimkan kepada Hardware dan terhubung ke micro processor. Micro prosesor lalu menghentikan pengamanan yang aktif, interface, dan kembali ke resume yang aktivitas normal di mana dia berhenti. Satu contoh dari suatu interupsi yang sedang dikeluarkan akan menjadi suatu kunci yang ditekan pada keyboard, CPU itu harus menggerakkan karakter dalam keyboard ke RAM. Satu alamat I/O adalah suatu lokasi di mana I/O menunjuk ruang (kapasitas yang digunakan untuk memilih alat yang pelengkap untuk berkomunikasi denganyang lain. Di dalam sistem DOS-based, memori bagian atas mengacu pada bidang memori antara 640 kilobyte (Kb) dan 1 Megabyte (MB) dari RAM.

Ketika anda memilih suatu LAN Card, mempertimbangkan, menanggap ke tiga faktor yang berikut ini:
1.Dari jenis jaringan (contoh, Eternet, Token Ring, atau FDDI)
2.Dari jenis media (contoh, kabel twisted pair, kabel coaxial, or kabel fiber-optic)
3.Dari jenis sistem (contoh, PCI atau ISA)

1.1.4 Instalasi NIC pada PC
NIC membiarkan pemilik (suatu tuan rumah adalah komputer perorangan atau alat di dalam suatu jaringan) untuk di sambungkan ke jaringan. Oleh karena itu, mempertimbangkan suatu komponen merupakan suatu kuncinya. Dari waktu ke waktu, anda mungkin perlu untuk menginstal suatu NIC.
Beberapa yang mungkin situasi yang memerlukan anda untuk melakukannya meliputi hal berikut ini:
1.Menambahkan satu NIC pada PC apabila tidak terpasang di PC,
2.Menggantinya apabila NIC tersebut sudah tidak baik atau rusak,
3.Meningkatkan kwalitas NIC dari 10 Mbps sampai 10/100 Mbps.
4.Menentukan jumper yang akan digunakan pada suatu NIC. Jumper adalah suatu jembatan metal yang menutup satu untai elektris. Pada umumnya, suatu jumper terdiri dari busi plastic yang hamper persis seperti pin .

Untuk memulai instalasi, perlu memiliki sumber daya sebagai berikut:
1.Pengetahuan tentang bagaimana Card jaringan diatur, termasuk jumper-jumper, plug and play perangkat lunak, dan erasable programmable memori read-only (EPROM). EPROM adalah suatu jenis dari memori bahwa mempertahankan isi-isi nya sampai itu diunjukkan ke cahaya ultra violet.
2.Penggunaan dari Card jaringan diagnostik, termasuk penjual menyediakan diagnostik dan loopback test (lihat dokumentasi untuk Card).
3.Kemampuan untuk memutuskan konflik-konflik sumber daya Hardware, termasuk IRQ, I/O Alamat Basis, dan DMA akses memori langsung) (alamat memori langsung digunakan untuk memindahkan data dari RAM ke suatu alat tanpa lulus CPU)

1.1.5 Komponen PC Versus Komponen Laptop
Komputer laptop dan komputer notebook akan semakin populer, seperti PDA dan alat-alat komputasi kecil lain. Informasi menggambarkan di dalam bagian-bagian yang sebelumnya juga menyinggung kepada laptop. Perbedaan utama dari komponen di suatu laptop bersifat lebih kecil. Slot expansi menjadi slot PCMCIA, di mana NIC, modem, hard drive dan alat-alat bermanfaat lain, biasanya ukuran dari suatu Card kredit yang tebal agar dapat disisipkan.

1.2 Dasar Software Komputer
1.2.1 Lab: Konfigurasi jaringan yang diperlukan untuk sambung suatu PC ke pada suatu jaringan

Sejak anda mempunyai suatu yang baik gagasan-gagasan apa yang dilibatkan dengan Hardware computer; anda memerlukan ramuan yang kedua yaitu software komputer. Tujuan dari software adalah untuk mengizinkan atau membiarkan anda untuk saling berhubungan dengan komputer lain dalam jaringan, untuk membawanya melakukan apa yang anda inginkan.
Setelah Hardware PC setup, software harus diinstall dan mengkonfigurasikannya. Sebagai contoh, kebutuhan tugas yang berikut ini bersifat harus diselesaikan sebelum mengamati kurikulum yang berbasis web dari suatu jaringan.

[Tempatkan cursor di atas angka-angka di dalam animasi itu yang ditinggalkan untuk memandang contoh-contoh konfigurasi-konfigurasi yang berbeda]
1.Pilih NIC untuk konfigurasi software
2.Masuk alamat TCP/IP yang benar
3.Melakukan penyesuaian tampilan (jika di perlukan)
4.Instal set up browser
5.Laksanakan beberapa tugas-tugas yang lain (jika di perlukan)

1.2.2Lab: Verifikasi Konfigurasi browser web
Suatu Browser web mematuhi atas nama dari seorang pengguna yaitu:
Melalui suatu web server
Request informasi
Menerima informasi
Mempertunjukkan hasil-hasil di suatu layar
Suatu browser adalah software yang menginterpretasikan hypertext markup language (HTML), yang mana bahasa itu digunakan untuk mengkodekan isi halaman web. HTML mewakili, menunjukkan grafik, bunyi, gambar hidup dan multimedia yang akan browser tampilkan. Hiperlink HTML memberikan perintah agar menunjuk lokasi dimana dokumen yang penyimpanan dokumen lain kepunyaan PC lain di suatu jaringan atau World Wide Web.
Kedua browser-browser paling populer adalah Internet Explorer (IE) dan Netscape Communicator. Persamaan dan perbedaan antara dua browser ini yaitu:
Tempatkan cursor di atas angka-angka di dalam animasi itu kepada yang yang ditinggalkan untuk memandang contoh yang berbeda dari aplikasi Internet.

Netscape
1.Pertama-tama Browser popular
2.Ambil lebih sedikit kapasitas ruang disk
3.Yang dipertimbangkan oleh banyak orang yaitu bersifat sederhana untuk gunakan
4.Tampilkan file HTML, mengerjakan e-mail dan memindahkan file, dan fungsi-fungsi lain.

Internet Explorer (IE)
1.Sambungkan dengan kuat ke produk-produk Microsoft lain
2.Ambil lebih banyak kapasitas ruang disk
3.Lebih sulit mempertimbangkan untuk di gunakan
4.Tampilkan file HTML, mengerjakan e-mail dan memindahkan file, dan fungsi-fungsi lain

Plug-ins
Ada banyak kepemilikan, tipe file web browser standar yang tidak mampu menampilkan. Untuk memandang file ini, anda harus mengatur browser mu untuk gunakan aplikasi-aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini memasukkan kata penghubung dengan browser tersebut untuk meluncurkan program yang diperlukan untuk memandang file khusus. Flash adalah satu contoh dari suatu sambungan dari Macromedia yang memainkan file multimedia.

Contoh: Menerapkan Flash Plug-in.
1.Pergi ke situs web Macromedia
2.Download .exe file. (flash32.exe)
3.Dijalankan di Netscape atau Internet Explorer (IE)
4.Uji apakah anda dapat menjalankan Quiz dan Filem.


Di dalam urusan perbisnisan, karyawan secara teratur menggunakan satu perangkat aplikasi yang masuk form pada deretan kantor seperti Microsoft Office. Aplikasi yang ada di kantor pada umumnya memasukkan lembar kerja software, word processor, software manajemen database, software presentasi, dan suatu manajer informasi pribadi yang termasuk suatu kegunaan dalam email. Software lembar kerja berisi tentang tabel-tabel yang terdiri atas kolom dan baris, dan sering digunakan di pada rumusan-rumusan untuk memproses dan meneliti data. Suatu pemroses kata adalah satu aplikasi digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen teks. Word processor modern membiarkan pengguna untuk membuat dokumen canggih, yang memasukkan grafik dan teks formatted secara mewah ke dalamnya. Software database digunakan untuk menyimpan, memelihara, mengorganisir, sort, dan filter perekam. Record adalah suatu koleksi informasi yang dikenali pada umumnya, seperti nama. Software presentasi digunakan untuk mendisain dan mengembangkan presentasi-presentasi untuk di kirimkan pada pertemuan-pertemuan, kelas-kelas, atau penjualan presentasi. Para manajer informasi pribadi memasukkan hal-hal seperti email, kontak mendaftar, calender, dan pendaftaran. Aplikasi-aplikasi kantor telah menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari yakni sebagai mesin ketik di hadapan personal komputer.

1.2.3 Troubleshooting laboratorium: Hardware dan lunak
Di dalam laboratorium troubleshooting ini, instruktur mu sudah menciptakan permasalahan di dalam Hardware, perangkat lunak, dan jaringan. Instruktur mu akan mengizinkan[membiarkan anda suatu panjangnya yang ditentukan dari waktu di mana untuk menentukan/memperbaiki permasalahan, yang akan pada akhirnya mengizinkan[membiarkan anda untuk memandang kurikulum. Pengalaman ini perlu membantu anda untuk menghargai bahkan "yang sederhana" proses tentang mengamati kurikulum. Itu akan juga membantu anda untuk awal berpikir tentang proses dan prosedur-prosedur melibatkan dengan Hardware komputer troubleshooting, perangkat lunak, dan sistem jaringan.

1.3 Bilangan biner
1.3.1 Bilangan biner mewakili; menunjukkan data alfanumerik

Untuk menjalankan aplikasi software, komputer harus menerjemahkan kode dalam software ke dalam form yang berbentuk biner lalu menerjemahkannya dalam form dan biner ke dalam sebuah bahasa, agar dapat dimengerti oleh pengguna. Komputer beroperasi dengan saklar dan elektronik "on" atau "off", sesuai dengan 1 atau 0.
Komputer tidak berpikir di dalam sistem bilangan sistim desimal ketika dikerjakan oleh manusia, karena alat elektronik bersifat biner yang sedemikian sehingga tersusun secara alami. Komputer harus menerjemahkan sistim desimal ke biner untuk agar dapat dimengerti pengguna. Komputer hanya dapat memahami dan memproses data yang berbentuk biner, yang diwakili oleh 0 dan 1. 0 dan 1 menunjukkan kedua komponen elektronik dan dikenal sebagai digit biner (bit-bit).
Penyajian bilangan biner dari banyak keyboard dan karakter kendali yang ditunjukkan di dalam bagan American Standard Code for Information Interchange (ASCII). ASCII adalah salah satu dari beberapa sistem pengkodean atau karakter yang digunakan oleh komputer.

1.3.2 Bit dan byte
Bit adalah digit biner manapun 0 atau 1. Di suatu komputer, mereka diwakili oleh kehadiran atau ketidak hadiran dari tuntutan elektrik.

Contoh:
Biner 0 boleh jadi diwakili oleh 0 volt dari listrik ( 0 =0 volt)
Biner 1 boleh jadi diwakili oleh +5 volt dari listrik ( 1 = +5 volt)

Suatu kelompok 8 = 1 byte bit, yang kemudian dapat menunjukkan suatu karakter dari data, seperti di satu Kode ASCII. Juga, untuk komputer, 1 byte menunjukkan suatu lokasi penyimpanan yang berupa pengalamatan.

1.3.3 Base 10 (sistim desimal) sistem bilangan
Suatu sistem bilangan terdiri dari lambang, dan aturan-aturan untuk menggunakan itu lambang; banyak sistem bilangan ada. Sistem bilangan paling sering menggunakan, dan satu yang dengan mana?yang dapat anda mungkin paling terbiasa, adalah sistim desimal, atau Base 10, sistem bilangan. Itu disebut Base 10 karena itu menggunakan kombinasi-kombinasi dari sepuluh lambang untuk mewakili; menunjukkan semua angka-angka yang mungkin. Digit-digit 0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9, membangun Base 10 sistim.
Suatu sistem bilangan sistim desimal didasarkan pada kuasa-kuasa dari 10. Masing-masing simbol, atau digit, mewakili; menunjukkan nomor 10 (bilangan dasar) yang diangkat ke(pada suatu kehandalan (eksponen), menurut posisi nya, dan dikalikan dengan nomor bahwa pegang(jaga bahwa posisi. Ketika anda membaca suatu sistim desimal jumlah dari hak-hak untuk ditinggalkan, posisi yang pertama mewakili; menunjukkan 100 (1), posisi yang kedua mewakili; menunjukkan 101 (10 x 1= 10), posisi yang ketiga mewakili; menunjukkan 102 (10 x 10 x 1=100), 106 (10 x 10 x 10 x 10 x 10 x 10 x 1=1,000,000)
Contoh:
2134 = ( 2x103) + ( 1x102) + ( 3x101) + (4x100)

Ada suatu 2 di dalam ribuan posisi, suatu 1 di dalam posisi ratusan, suatu 3 di dalam sepuluh posisi, dan suatu 4 di dalam posisi mana-mana.

1.3.4 Base 2 (yang biner) sistem bilangan
Mengenali komputer dan memproses data menggunakan system bilangan biner. Sistim bilangan biner digunakan hanya dua lambang 0 dan 1 instead dari sepuluh lambang yang digunakan di dalam sistem bilangan sistim desimal. Posisi, atau tempat, dari tiap digit mewakili nomor 2 sampai bilangan dasar yang diangkat pada suatu kehandalan, posisi yang didasarkan pada (20, 21, 22, 23, 24, dan seterusnya).

Contoh:

10110 = (1 x 24 = 16) + (0 x 23 = 0) (1 x 22 = 4) (1 x 21 = 2) (0 x 20 =0) 22 ( 16 + 0 + 4 + 2 + 0)
Jika anda membaca bilangan biner (10110) dari kiri ke kanan, anda melihat bahwa ada suatu 1 pada posisi 16, 0 pada posisi 8, 1 pada posisi 4, 1 pada posisi 2, dan 0 pada posisi 1, yang hasil sistim desimalnya adalah nomor 22.

1.3.5 Mengubah bilangan desimal menjadi bilangan biner
Ada dua cara. Cara yang dasar untuk mengkonversi bilangan desimal menjadi bilangan biner, yaitu diagram alur secara keseluruhan grafik menguraikan satu proses dengan satu contoh, pendek katan disebut metoda sisa. Metoda ini menggunakan divisi yang diulangi menggunakan bilangan dasar dari sistim. Dalam hal ini disebut Base 2.

Berlatih konversi.
Contoh:
Konversi sistim desimal nomor 192 ke(pada suatu bilangan biner.
192/2 = 96 dengan suatu sisa dari 0

96/2 = 48 dengan suatu sisa dari 0

48/2 = 24 dengan suatu sisa dari 0

24/2 = 12 dengan suatu sisa dari 0

12/2 = 6 dengan suatu sisa dari 0

6/2 = 3 dengan suatu sisa dari 0

3/2 = 1 dengan suatu sisa dari 1

1/2 = 0 dengan suatu sisa dari 1

Mencatat semua sisa, mundur, dan anda mempunyai bilangan biner 11000000.

1.3.6 Mengubah bilangan biner menjadi bilangan desimal
Ada dua jalan. Cara yang dasar untuk mengkonversi bilangan biner menjadi bilangan desimal, Diagram alur secara keseluruhan grafik menunjukkan satu contoh. Anda dapat mengkonversi bilangan biner menjadi bilangan desimal dengan perkalian, digit biner yang bilangan dasar dari sistim Dasar 2 yang diangkat kepada eksponen tentang posisi.

Berlatih konversi

Contoh:
Konversi bilangan biner 01110000 menjadi suatu nomor sistim desimal.

CATATAN:
Ingat bahwa apapun yang diangkat kepada 0 kehandalan adalah 1 oleh karena itu 20 = 1.

1.4 Istilah Jaringan Basic
1.4.1 Jaringan dan jaringan

Suatu jaringan adalah satu sistim menghubungkan dari rute object atau orang. Jaringan semuanya ada di sekitar kita, bahkan di dalam diri kita. Gambar menunjukkan beberapa jenis-jenis dari jaringan. Anda mampu berpikir tentang jaringan yang lain. Kenali pengelompokan jaringan:
Komunikasi
Transportasi
Sosial
Biologi
Kegunaan




1.4.2 Jaringan data
Jaringan data berakibat sebagai hasil aplikasi-aplikasi komputer bahwa telah ditulis untuk urusan perbisnisan. Masing-masing beroperasi sendiri, ini menjadi bahwa ini tidak efisien atau hemat biaya di mana dioperasikan untuk urusan perbisnisan. Tiga pertanyaan-pertanyaan yang harus diperhatikan yaitut:
1. Bagaimana caranya menghindari duplikasi peralatan dan sumber daya?
2. Bagaimana caranya komunikasi;kan secara efisien?
3. Bagaimana caranya menyiapkan dan mengatur suatu jaringan?

Bisnis-bisnis mengenal berapa banyak uang yang mereka bisa hasilkan dan seberapa banyak produktivitas yang mereka bisa mendapatkan dengan menggunakan teknologi jaringan. Mereka memulai jaringan dan perkembangan jaringan yang hampir sama dengan cepat sebagai teknologi jaringan yang baru dan produk yang diperkenalkan. Sebagai hasilnya, awal 1980 melihat suatu perluasan yang luar biasa di dalam jaringan. Bagaimanapun, awal perkembangan dari jaringan banyak cara dan jalan.
Pada pertengahan 1980, banyak dari teknologi jaringan yang telah muncul telah diciptakan dengan bermacam-macam implementasi. Hardware dan Software yang berbeda. Itu terjadi terus-menerus dan terus meningkat.
Satu solusi pada permasalahan ini adalah pembuatan jaringan lokal LAN, LAN bisa menyambung semua stasiun kerja, periferal, terminal-terminal, dan alat-alat lain di dalam suatu media. Seperti pemakaian komputer-komputer di dalam perbisnisan, itu segera menjadi jelas dan nyata bahwa LAN tidaklah cukup.
Apa Yang diperlukan adalah suatu cara untuk menggerakan informasi secara efisien dan cepat, tidak hanya dalam suatu perusahaan, tetapi dari perbisnisan yang lain. Solusi pembuatan Metropolitan Area Network (MAN) dan jaringan luas WAN.

1.4.3 Solusi Jaringan Data
Kebanyakan jaringan data digolongkan sebagai jaringan lokal (LAN) atau jaringan bidang lebar/luas (WAN). LAN biasanya ditempatkan di dalam bangunan atau kampus-kampus yang tunggal, dan menangani komunikasi-komunikasi yang antar jawatan. tutup WAN suatu bidang besar geografis, dan sambung kota-kota dan negara-negara. Beberapa contoh-contoh bermanfaat dari LAN dan WAN muncul di dalam Gambar. Contoh-contoh ini harus disebut suatu pertanyaan tentang apa melembagakan suatu LAN atau WAN. LAN dan WAN dapat juga terhubung oleh antar jaringan.

1.4.4 Local area network (LAN)
LAN bisa menyambung kan semua stasiun kerja, periferal, terminal, dan device lain di dalam suatu bangunan. Mereka membuatnya karena perbisnisan menggunakan teknologi komputer sangat efisien untuk berbagi file-file dan Printing.
LAN terdiri atas komputer, NIC, media , dan peripheral device. LAN membuatnya mungkin karena bisnis-bisnis bahwa menggunakan teknologi komputer untuk berbagi, secara efisien, materi seperti file-file dan Printing, dan untuk membuat komunikasi yang mungkin seperti e-mail.

LAN dirancang untuk lakukan mengikuti:
Operasikan di dalam suatu dibatasi bidang ilmu bumi
Membiarkan banyak para pemakai untuk mengakses media bandwidth tinggi
Sediakan keterhubungan full-time kepada jasa lokal
Sambung alat-alat bersebelahan secara fisik

1.4.5 Wide area network (WAN)
LAN yang saling berhubungan antar komputer yang jaraknya jauh, akses yang kemudian yang disediakan kepada komputer-komputer atau server file di dalam lokasi-lokasi yang lain. Karena jaringan pengguna yang dihubungkan dengan WAN di atas suatu bidang besar geografis, mereka membuatnya mungkin karena bisnis untuk berkomunikasi dengan jarak besar ke seberang satu sama lain. Sebagai hasil menjadi networked atau menghubungkan, komputer, Printer, dan alat-alat lain di suatu WAN bisa berkomunikasi dengan satu sama lain untuk berbagi informasi dan sumber daya, seperti juga untuk mengakses Internet.

Beberapa teknologi WAN yang umum adalah:
Modem-modem analog
ISDN (Integrated Services Digital Network)
DSL (Digital Subscriber Line)
Relai bingkai
ATM (Asynchronous Transfer Mode)
T (US) dan E (Eropa) Carrier Series: T1, E1, T3, E3, dan seterusnya.
SONET (Synchronous Optical Network) dan SDH (Synchronous Digital Hierarchy)

1.5 Digital Bandwidth
1.5.1 Pengukuran bandwidth digital

LAN dan WAN selalu mempunyai satu hal yang sama, yaitu pemakaian bandwidth istilah untuk menguraikan kemampuan mereka. Istilah ini penting untuk di mengerti, tetapi dapat mengacaukan pada mulanya. Kita akan mengambil suatu yang terperinci memperhatikan konsep ini sebelum kita terlalu jauh ke dalam jaringan.
Bandwidth adalah ukuran dari berapa banyak informasi dapat mengalir dari tempatnya ke yang lain di suatu sejumlah waktu yang diberi. Ada dua penggunaan yang umum dari bandwidth satu berhubungan dengan sinyal analog, dan yang lain dengan sinyal digital. Anda akan bekerja dengan bandwidth digital, yang disebut hanya bandwidth untuk sisa dari teks.
hal-hal paling mendasar informasi adalah bit dan unit waktu dasar adalah . yang kedua. Maka jika kita sedang berusaha untuk menguraikan Banyaknya keterangan mengalirkan di suatu periode waktu , kita bisa menggunakan unit-unit "bit per detik" untuk menguraikan arus ini.
Bit per detik adalah suatu unit dari bandwidth. Tentu saja, jika komunikasi terjadi dengan cara demikian, 1 bit per 1 detik, itu akan menjadi sangat melambat. Bayangkan berusaha untuk mengirimkan Kode ASCII untuk nama dan alamat mu -itu akan mengambil beberapa menit! Untunglah, komunikasi-komunikasi banyak lebih cepat kini mungkin. Bagan meringkas berbagai unit-unit dari bandwidth.

1.5.2 Tiga analogi untuk menguraikan bandwidth digital

Bandwidth adalah suatu unsur yang sangat penting dalam jaringan, namun itu dapat abstrak., ringkas dan sulit untuk diahami. Mengikuti tiga analogi bahwa membantu anda menggambarkan apa yang bandwidth berikan.


1. Bandwidth seperti lebar dari suatu pipa.
Berpikir tentang jaringan dari pipa-pipa bahwa membawa air kepada rumah mu dan membawa limbah menjauh dari nya. pipa-pipa mempunyai garis tengah yang berbeda. Pipa air utama dari kota tersebut bisa 2 meter di dalam garis tengah, sedangkan kran dapur bisa 2cm. Lebar dari pipa mengukur kapasitas pipa itu untuk membawa air. Di dalam analogi ini, air seperti informasi dan lebar dari pipa seperti bandwidth. Sebenarnya, banyak ahli jaringan akan pembicaraan dalam kaitan ini dengan menggunakan istilah "meletakkan di dalam pipa-pipa yang lebih besar". Ini berarti lebih banyak bandwidth, [alat; makna] suatu kapasitas yang lebih besar yang untuk membawa informasi.

2. Bandwidth seperti banyaknya jalan setapak di suatu jalan raya.
Pikirkan suatu jaringan dari jalan-jalan yang dapat dilalui bahwa melayani kota Anda atau kota. Mungkin ada delapan jalan raya jalan setapak dengan jalan keluar ke dua dan tiga jalan-jalan yang dapat dilalui jalan setapak. Ini boleh lalu menjurus kepada dua jalan-jalan jalan setapak yang sepenuhnya, dan pada akhirnya kepada jalan untuk mobil mu. Di dalam analogi ini, banyaknya jalan setapak seperti bandwidth, dan banyaknya mobil-mobil seperti banyaknya keterangan bahwa dapat dibawa.

3. Bandwidth seperti mutu bunyi dalam satu sistim audio.
Bunyi itu adalah informasi, dan mutu bunyi-bunyi bahwa anda mendengar adalah bandwidth. Jika anda diminta untuk pilihan-pilihan kelompok mu di bagaimana Anda lebih suka mendengar lagu favorit mu, per telepon, di satu radio modulasi amplitudo, di satu radio FM, atau di suatu CD. Anda mungkin akan membuat pilihan CD mu yang pertama, lalu FM radio, radio modulasi amplitudo, dan akhirnya telepon. Bandwidth-bandwidth analog nyata untuk ini adalah, berturut-turut, 20 KHz, 15 KHz, 5 KHz, dan 3 KHz.

Ingat bahwa yan di maksud bandwidth di dalam konteks kita adalah nomor maksimum dari bit yan dapat secara teoritis menerobos suatu bidang yang diberi dari ruang spasi di dalam sejumlah waktu yang ditetapkan di bawah kondisi yang diberi. Analogi-analogi yang kita sudah menggunakan hanyalah menggunakan di sini untuk membuat nya lebih mudah untuk memahami konsep dari bandwidth.


1.5.3 Perbedaan bandwidth media
Bandwidth adalah suatu konsep yang sangat bermanfaat. Tak peduli bagaimana anda mengirimkan pesan, bukan masalah medium secara fisik yang anda gunakan, bandwidth dibatasi. Ini adalah saat kedua-duanya menurut hukum dari ilmu fisika dan untuk kemajuan teknologi yang ada.
Gambar 1 menggambarkan bandwidth maksimum digital yang mungkin, pada beberapa media jaringan yang memang sudah umum. Ingat bahwa batas-batas berpengaruh secara fisik dan teknologi.
Gambar 2 meringkas service WAN yang berbeda dan bandwidth yang berhubungan dengan masing-masing layanan.

1.5.4 Pengiriman data digital dalam jaringan dengan bandwidth
Bayangkan anda cukup beruntung untuk memiliki suatu modem kabel yang gres, atau toko yang lokal hanya menginstall ISDN, atau sekolah mu hanya menerima suatu 10 Megabit Ethernet LAN. Bayangkan bioskop yang anda inginkan, atau halaman web yang anda inginkan memuat, atau software yang anda ingin download. Percayakah anda sedang menjadi semua yang bandwidth yang diiklankan.
Bandwidth Mengacu pada keluaran nyata, yang terukur pada suatu jam; pukul yang spesifik bahwa menggunakan internet spesifik mengarahkan, selagi pen-download-an suatu file yang spesifik. Sayangnya, untuk banyak pertimbangan, keluaran itu sering jauh kurang dari bandwidth maksimum digital yang mungkin dari medium yang sedang digunakan. Sebagian dari faktor bahwa menentukan keluaran dan bandwidth meliputi yang berikut:
Alat-alat antar jaringan
Jenis dari data yang sedang ditransfer
Topologi
Nomor dari para pemakai
Komputer klien
Komputer server
Kehandalan dan cuaca membujuk outages

Ketika anda mendisain suatu jaringan,penting bahwa anda mempertimbangkan; menganggap bandwidth yang teoritis. Jaringan mu akan tidak lebih cepat dari media mu akan mengizinkan/membiarkan Ketika anda benar-benar bekerja di jaringan, anda akan ingin mengukur keluaran dan memutuskan jika keluaran itu adalah cukup untuk pengguna.

1.5.5 Memindahkan kalkulasi data
Satu yang penting dari bagian jaringan melibatkan pembuatan keputusan tentang media yang akan di gunakan. Grafik meringkas suatu rumusan yang sederhana bahwa akan membantu dengan keputusan-keputusan seperti itu. Rumusan itu adalah Estimated Time =Ukuran dari File / Bandwidth (lihat Gambar). Jawaban menunjukkan paling cepat bahwa data bisa ditransfer. Itu tidak mempertimbangkan isu sebeluma membahas apa yang mempengaruhi output, tetapi memberi anda suatu taksiran secara kasar dari waktu yang akan mengirimkan informasi menggunakan media atau applikasi yang spesifik.
Sejak anda menjadi terbiasa dengan unit-unit bandwidth digital, dan mencoba masalah contohnya sebegei berikut:
Yang mana akan mengambil lebih sedikit waktu, mengirimkan suatu floopy disk (1,44 MB) penuh dengan data di satu garis ISDN, atau mengirimkan suatu 10 GB harddisk penuh dengan data di satu garis OC-48. Penggunaan menggambarkan dari bagan bandwidth menunjukkan sebelumnya untuk menemukan jawaban.

1.5.6 Pentingnya bandwidth
1.Bandwidth itu terbatas. Dengan mengabaikan media, bandwidth dibatasi menurut hukum yang berasal dari ilmu fisika. Sifat fisika dari telepon yang terbelit terpasang kawat yang masuk ke dalam, banyak rumah membatasi pengeluaran dari suatu modem yang konvensional hingga sekitar 56 kbps. Bandwidth dari spekbum elektromagnetik itu terbatas tersebut ada banyak frekwensi di dalam gelombang radio, gelombang mikro, dan spektrum inframerah. Karena ini FCC mempunyai suatu divisi yang utuh untuk mengendalikan bandwidth dan siapa yang menggunakannya. Serat optik mempunyai bandwidth yang tak akan habis-habis. Bagaimanapun, sisa dari teknologi untuk membuat jaringan bandwidth sangat tinggi bahkan secara penuh menggunakan potensi dari serat optik hanya sekarang berkembang dan diterapkan.
2.Mengetahui bagaimana bandwidth bekerja, dan yang terbatas, dapat menyimpan anda banyak uang. Sebagai contoh, ongkos berbagai pilihan koneksi dari Internet melayani penyedia-penyedia tergantung, pada sebagian, di berapa banyak bandwidth di rata-rata dan pada pemakaian puncak yang anda perlukan. Dengan cara, apa anda membayar bandwidth.
3.Sebagai suatu jaringan profesional, anda akan diharapkan untuk memahami tentang bandwidth dan pengeluaran. Faktor-faktor utama di dalam meneliti kemampuan jaringan. Sebagai tambahan, sebagai suatu perancang jaringan-jaringan yang baru, bandwidth akan selalu menjadi salah satu dari desain yang utama.
4.Ada dua konsep yang utama untuk memahami mengenai "nformation super highway". Pertama adalah bentuk informasi apapun dapat disimpan sebagai suatu dawai yang panjang yang kedua adalah menyimpan informasi ketika bit-bit, selagi bermanfaat, bukan sungguh teknologi revolusioner. Fakta bahwa kita dapat berbagi bit-bit (trilyunan dalam satuan detik) berarti peradaban modern sedang mendekati waktu ketika setiap komputer, di mana pun di dunia atau di dalam ruang (space, dapat berkomunikasi dengan komputer lain manapun, dalam beberapa detik atau lebih sedikit.
5.Bandwidth tidak ada yang luar biasa, ketika seseorang atau satu awal lembaga institusi yang menggunakan suatu jaringan, mereka pada akhirnya menghendaki semakin banyak bandwidth. Software multimedia baru memerlukan memprogram jauh lebih besar dibanding mereka yang digunakan pada pertengahan 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar